Jumat, 01 Juni 2012

Apa itu Celimpungan ?


Orang lebih tahu kalau makanan khas dari palembang adalah empek-empek padahal ada makanan lain dari palembang yang rasanya tidak kalah dari empek-empek, makanan itu adalah celimpungan. Celimpungan adalah makanan yang berbahan dasar sagu dan ikan. Kota palembang memang identik dengan makanan-makanan yang berbau ikan.

Celimpungan bisa disajikan dengan lontong dan sayur dan lauknya, bisa juga hanya disajikan sendiri. Kalau lagi ada hari raya, biasanya celimpungan adalah salah satu menu favorit.





Bahan:
- 500 gr daging ikan tenggiri
- 350 gr air
- 2 btr telur utuh
- 350 gr sagu
- 25 gr garam
- 15 gr vetsin

Cara:
Sama seperti membuat pempek. Setelah diberi sagu buat bulatan-bulatan. Rebus di air yang mendidih, angkat begitu mengapung.Sisihkan.


Kuah:
- 2 liter santan dari 1/2 kg kelapa

Bumbu Halus:
- 10 siung bawang merah
- 4 btr kemiri halus
- 4 siung bawang pth
- 1/2 sdm ketumbar halus
- 1 ruas kunyit
- 20 gr garam
- 10 gr vetsin

Cara:
Tumis bumbu halus sampai harum, beri daun salam. Lalu masukkan ke air santan, aduk sampai mendidih, agar santan tidak pecah. Lebih enak lagi jika tumisan diberi daging giling ikan gabus yang ditumis dengan bumbu-bumbunya dulu, baru dimasukkan ke kuah.
Sajikan celimpungan yang sudah dimasukkan ke kuah (jangan ditaruh terpisah).Bisa ditambah lontong, diberi bawang goreng dan sambal lontong/cabe rawit.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar