Jumat, 01 Juni 2012

Potensi Minyak Bumi dan Gas Bumi di Kabupaten Musi Rawas


Akhirnya kita jumpai lagi ya sahabat blogger ^_^, pada perjumpaan kali ini saya ingin bercerita tentang potensi minyak dan gas bumi yang ada di kabupaten musi rawas. Berdasarkan rekapitulasi lifting migas tahun 2007, kabupaten yang satu ini mampu memproduksi minyak bumi sebanyak 2,048.34 Ribu Barel (MSCF) dan Gas Alam sebanyak 59,163.55 Milyar Kaki Kubik (BSCF). Wah banyak sekali ya ^_^ di kabupaten yang satu ini. Dimana pemegang WKP Kegiatan Usaha Hulu Migas meliputi :

-          PT. Pertamina
-          PT. Medco E & P Indonesia
-          PT. Petro China Int’l Bangko
-          PT. Sele Raya Merangin II
-          PT. Akar Eriguna Energi
-          PT. Tropik Energi Pandan
1.       PT. Pertamina

Operasional PT. Pertamina di Musi Rawas terdiri dari 2 blok yaitu Blok Musi dan Blok Sopa. PT. Pertamina yang berada di Blok Musi terdiri dari dua lokasi, yaitu musi timur dan musi barat. Di Musi Timur terdapat sekitar 34 sumur, yang terdiri dari sumur produksi 19 sumur, sumur minyak 8 sumur, sumur gas 11 sumur dan sumur yang tidak diproduksi ada sekitar 15 sumur. Sedangkan di Musi Barat terdapat sekitar 24 sumur, selain menghasilkan gas bumi di Musi Barat juga menghasilkan kondesat. Dimana berdasarkan data produksi Gas harian di musi barat ini mampu menghasilkan gas perhari sebanyak 6.5 MMSCFD dan produksi kondesat sebanyak 11.69 bbls/day. PT. Pertamina memang hebat ya ^_^ hehe.
Sedangkan untuk Blok Sopa, hanya terdiri di satu lokasi yaitu di musi timur. Di musi timur ini terdapat sekitar 33 sumur yang terdiri dari 17 sumur produksi dan 4 sumur injeksi. Sampai saat ini PT. Pertamina memiliki 3 sumur eksplorasi yang diantaranya : sumur talang jimar, sumur suban, dan sumur suban barat. Ayo kta lanjut lagi ya sahabat blogger ^_^

2.       PT. Medco E &  P Indonesia

Berdasarkan data dari FKDPM (forum komunikasi daerah penghasil migas) jumlah sumur yang dimiliki oleh PT. Medco E &  P Indonesia ada sebanyak 62 sumur yang terdiri dari 9 sumur appraisal, 39 sumur produksi, dan 12 sumur eksplorasi.  Selain itu Perusahaan Migas yang satu ini memiliki beberapa lapangan migas yang ada dalam wilayah kabupaten musi rawas, antara lain :
-          Lapangan soka
-          Lapangan jene
-          Lapangan pian
-          Lapangan nau lapangan gunung kembang, dan
-          Lapangan teras

5 sumur yang di miliki PT. Medco E &  P Indonesia diantaranya : gegas, gemuruh deep, kaju, meta, north temelat.




3.       PT. Petro China Int’l Bangko

Saat ini pengembangan kegiatan usaha hulu migas yang dilaksanakan oleh PT. Petro China Int'l Bangko masih dalam tahap eksplorasi dimana sedang menyelesaikan tahap survey seismic. PT. Petro China Int'l Bangko pada saat ini memiliki 2 (dua) sumur ekplorasi yakni sumur Kenong #2 dan Siter. 

4.       PT. Sele Raya Merangin II

Pada saat ini dalam WKP perusahaan PT. Seleraya Merangin II masih dalam tahap eksplorasi di Blok Merangin dan juga telah mengajukan permohonan Sumur Eksplorasi ke Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (BP. MIGAS). Pada saat ini PT. Sele Raya Merangin II memiliki 3 (tiga) sumur eksplorasi diantaranya : East Siera, Selma, dan Mawar.

5.       PT. Akar Eriguna Energi

Perusahaan migas PT. Akar Eriguna Energi beberapa waktu yang lalu pernah melakukan pengeboran sumur eksplorasi sebanyak 4 sumur baru namun tidak menghasilkan. Jadi sahabat blogger saat ini tidak ada kegiatan di PT. Akar Eriguna Energi.

6.       PT. Tropik Energi Pandan

Perusahaan Migas PT. Tropik Energi Pandan telah menyelesaikan tahap survey seismic 2D dan 3D, dan pada saat ini perusahaan dimaksud sedang merencanakan pengeboran eksplorasi sumur Ganesha #1, Sriwijaya #1, Ario Damar, dan Gajah Mada. Kondisi terakhir PT. Tropik Energi Pandan telah menyelesaikan drilling untuk Sumur Ganesha #1 dan Sriwijaya #1dilanjutkan dengan pengujian sumur (Well Test) 

Teman-teman blogger semua kegiatan disektor minyak dan gas di kabupaten Musi Rawas telah berlangsung sejak zaman penjajahan belanda, hal ini ditandai dengan terdapatnya sumur-sumur minyak tua yang telah ditinggalkan dan tidak diproduksi lagi. Han teman-teman blogger sekalian perjumpaan kita di kabupaten musi rawas mungkin cukup sampai disini dulu ya ^_^ lain kesempatan kita berjumpa lagi ya ^_^ Good Bye.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar