Jumat, 01 Juni 2012

Tahu yang Satu ini ?

Satu lagi kuliner khas Palembang yang harus di ketahui dan tentunya di cicipi, namanya adalah mie celor. Selama ini kita mungkin mengenal palembang dengan empek-empek atau yang sudah saya tampilkan sebelumnya yaitu celimpungan. Ternyata palembang juga memiliki kuliner khas lain yang berbahan dasar mie dan di beri nama mie celor.

Mie dari mie celor ini terbuat dari mie basah biasa. Yang berbeda adalah kuahnya. Kuahnya agak kental dan diberi udang. Yang khas dari mie celor adalah irisan telur rebus plus toge rebus yang dimakan bersama mie dan kuah udang tadi. Rasanya agak hot sedikit karena dicampur dengan cabe merah. Tapi biasanya wong Palembang akan makan dengan cabe hijau halus yang telah tersedia di masing-masing meja restoran karena kurang pedas, katanya. tapi bagi yang kurang suka dengan pedas mie celor juga sudah cukup pedas.

Selain itu, di setiap meja makan disediakan kerupuk ikan palembang atau rempeyek kacang. Tentunya tidak gratis, harus bayar terpisah tergantung jumlah kerupuk atau rempeyek yang dimakan. Harga seporsi mie celor adalah Rp 10.000, jadi anda tidak perlu "pusing " setelah menyantap salah satu kuliner khas palembang ini.

Untuk kita yang tinggal jauh dari palembang tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati kuliner khas ini, karena kita bisa membuatnya sendiri di rumah. bahan yang di gunakan relatif mudah di dapat dan membuatnya pun tidak susah-susah banget.

Salah satu restoran atau tempat makan mie celor asli Palembang yang terkenal terletak di Jalan Pasar 26 Ilir. Restorannya tidak begitu besar dan sederhana, tetapi banyak pejabat negara yang mampir ke restoran ini untuk menikmati rasa mie celornya yang lezat. Dan konon restoran ini bahkan menjadi langganan gubernur Sumatera Selatan jika beliau atau keluarganya memiliki hajatan.


seperti yang sudah saya sebutkan di uraian tentang mie celor, membuat slah satu kuliner khas palembang ini tidaklah susah dan sulit. untuk itu jangan takut dan ragu untuk membuatnya di rumah dan kami telah menyiapkan resep dan cara membuatnya lengkap yang kami ambil dari beberapa sumber. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Bahan:

- 250 gr udang, kupas, sisakan ekornya lalu kerat punggungnya (ambil kulitnya untuk kaldu)
- 1 sdt air jeruk limau
- 250 gr mi telur, seduh
- 100 gr taoge, seduh
- 3 btr telur, rebus lalu potong-potong
- 6 btg kucai, iris halus
- 4 sdm bawang goreng

BahanKuah:

- 1250 ml kalduudang
- 250 ml santandari ½ btrkelapa
- ¼ sdt gulapasir
- ½ sdt merica bubuk
- 1 sdm garam
- 1 sdt air jeruk limau
- 2 sdm tepung terigu encerkan dengan 50 ml air
- 2 btr telur, kocok lepas

Cara Membuat:

  1. Adukudangdan air jeruklimau, diamkanselama 15 menit.
  2. Didihkan 1500 ml air, masukkankulitudang, angkat.Ukurkaldunya 1250 ml.
  3. Didihkan kaldu udang, tambahkan santan, garam, gula, merica dan udang kupas, rebus sampai matang.
  4. Masukkan telur mentah sambil diaduk hingga berbutir-butir, tambahkan air jeruk limau, aduk sampai matang. Kentalkan dengan larutan tepung terigu sambil diaduk hingga meletup-letup.
  5. Sendokkan mie dan tauge kedalam mangkuk, tambahkan potongan telur rebus, siram dengan kuah panas, taburkan kucai dan bawang goreng. Sajikan.



Link http://www.duniakuliner.info/2011/08/resep-mie-celor.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar