Jumat, 01 Juni 2012

Potensi Industri dan Perdagangan di Kota Palembang


Hai semuanya selamat siang, pada pertemuaan kali ini saya ingin mengkaji tentang perindustrian yang ada di ibu kota provinsi Sumsel yaitu kota Palembang, di ibukota yang satu ini terkenal sebagai kota industry dan perdagangan karena letaknya yang geografis yaitu terletak di tepian sungai musi dan tidak jauh dari selat Bangka yang sangat menguntungkan. Walaupun tidak berada di tepi laut, kota Palembang ini dapat dijangkau oleh kapal-kapal dari luar negeri. Wah ternyata sungai musi besar ya hehe ^_^. 

Sekarang langsung kita menuju TKP hehe ^_^, dikota Palembang ini perusahaan  yang paling terkenal yaitu PT.PUSRI dimana pada tahun 2009 mampu perusahaan ini mampu memproduksi pupuk sebanyak 2.026.710 ton. Ini dilakukan selama periode januari-desember 2009. Selain PT. PUSRI di Palembang juga terdapat perusahaan-perusahaan lainnya seperti halnya PT.PLN dan PDAM Tirta.PT.PLN merupakan salah satu perusahaan pembangkit listrik yang ada disumatera. Dimana PT.PLN ini sampai tahun 2009 terus berusaha untuk meningkatkan pembangaunan dibidang listrik ini semua dilakukan demi upaya meningkatkan kesejahteraan penduduk. Akan tetapi sampai saat ini PT.PLN masih belum bias memenuhi semua kebutuhan penduduk dimana perusahanan penghasil listrik yang satu ini masih mengalami masalah kekurangan daya, jadi terpaksa melakukan pemadaman listrik secara bergilir pada saat beban puncak. Kemudian untuk PDAM Tirta Musi yaitu sebagai perusahaan penghasil air minum di provinsi sumsel. 

Perusahaan air yang satu ini sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat. Dimana kapasitas produksi air minum selama tahun 2009 sebesar 86.282.168,90 m3 walau pun turun 2,56 % dari tahun sebelumnya. Kemudian air mimum tersebut didistribusikan kepada 142.652 pelanggan yang ada di kota palembang. Nah semuanya itu tadi adalah 3 perusahaan yang terkenal di Palembang selain 3 perusahaan itu masih ada lagi industry yang lainnya di kota Palembang seperti industry hasil hutan dan perkebunan dimana industry ini terdiri dari 6 unit usaha yang terletak di 6 kecamatan yaitu 2 unit di kecamatan seberang ulu 1, 1 unit di kecamatan kertapati,  1 unit di ilir timur II dan 2 unit di kecamatan sukarami. 

Industry hasil hutan dan perkebunan ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 617 orang Lumayankan untuk mengurangi angka pengangguran hehe ^_^. Selanjutnya ada juga perusahaan industry menengah dan tenaga kerja menurut catatan kecamatan di kota Palembang tahun 2009, industry yang terdiri dari 41 unit usaha ini mampu menampung tenaga kerja sebanyak 1.820 orang. Dimana 41 unit usaha tersebut tersebar di 12 kecamatan yang ada di kota Palembang yaitu 3 unit usaha di kecamatan gandus, 3 unit usaha di kecamatan seberang ulu 1, 2 unit usahadi kecamatan kertapati, 2 unit usaha di kecamatan ilir barat I, 2 unit usaha di kecamatan bukit kecil, 12 unit usaha di kecamatan ilir timur I, 2 unit usaha di kecamatan kemuning, 3 unit usaha di kecamatan ilir timur II, 2 unit usaha di kecamatan kalidoni, 3 unit usaha di kecamatan sako, 6 unit usaha di kecamatan sukarami, dan 1 unit usaha di kecamatan alang-alang lebar. Wah Palembang hebat ya hehe ^_^, ehm aku masih punya 1 lagi industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja di kota Palembang yaitu industr besar dan tenaga kerja. 

Berdasarkan catatan kecamatan di kota Palembang tahun 2009 Industr yang satu ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 5.678 orang. Industri yang satu ini terdiri dari 25 unit usaha yang terletak di 11 kecamatan yang ada dikota Palembang, yaitu 2 unit usaha di kecamatan gandus, 2 unit usaha di kecamatan kertapati, 1 unit usaha di kecamatan seberang ulu II, 1 unit usaha di kecamatan plaju, 2 unit usaha di kecamatan ilir barat I, 1 unit usaha di kecamatan kemuning, 2 unit usaha di kecamatan ilir timur II, 3 unit usaha di kecamatan kalidoni, 4 unit usaha di kecamatan sako, 6 unit usaha di kecamatan sukarami, dan 1 unit usaha di kecamatan alang-alang lebar. Ehm ternyata SUMSEL hebatkanhehe ^_^, nah semuanya sepertinya cerita kita kali ini cukup sampai disini ya ^_^ lain waktu kita akan sambung lagi dengan tema yang lainnyamengenai POTENSI SUMBER DAYA yang ada di SUMSEL. Untuk semuanya ^_^ sampai berjumpa lagi ya Good Bye ^_^.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar