Jumat, 01 Juni 2012

Tari Sebimbing Sekundang ternyata dari Palembang



Apa kabar semuanya . . pastinya baik donk hehe ^_^. . Kalian semua sudah pernah lihatkan foto diatas?Tarian diatas adalah tari sebimbing sekudang.Tari ini merupakan tari tradisional masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu yang ditampilkan dalam penyambutan tamu-tamu kehormatan yang berkunjung di daerah ini.Tarian ini diperagakan baik di dalam gedung maupun di tempat terbuka. Adapun untuk jumlah penarinya yaitu dilakukan oleh 9 penari, 1 orang puteri pembawa tepak, 2 orang pembawa rempah-rempah, 1 orang pembawa payung agung dan 2 orang pengawal.           

Kalian semua pasti ada yang belum tau apa itu tepak hehe . .Yang disebut dengan tepak atau Pengasan merupakan sarana utama tarian ini yang berisikan beberapa lembar daun sirih segar dan beberapa lipat daun sirih yang telah diracik dengan getah gambir sehingga siap disuguhkan kepada tamu kehormatan sebagai tanda penerimaan dan pengakuan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu.                      

Gerak tarian, pakaian dan musik pengiringnya merupakan perpaduan dari gerak, pakaian dan musik tari-tari tradisional dari berbagai Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Komering Ulu sehingga tergambar motto "Bumi Sebimbing Sekundang" yang berarti berjalan seiring dan saling membantu dan melaksanakan sesuatu untuk menggapai keberhasilan.


Download videonya disini :
http://www.youtube.com/watch?v=0DVtOdXjv5k

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar