Jumat, 01 Juni 2012

Perkembangan SDA di Kabupaten OKU


Hai semua ^_^ berjumpa lagi dengan saya hehe. Kali ini, saya ingin bercerita tentang industri dan perdagangan yang ada di kabupaten Ogan Komering Ulu atau yang dikenal dengan OKU ^_^, di kabupaten yang satu ini pemerintahan setempat memiliki kebijakan  pembangunan sector industri, perdagangan dan koperasi UKM yang mengarah pada penumbuhan, pembinaan, dan pengembangan industri pedagang kecil dan menengah, serta koperasi. Mulai tahun 2007 perkembangan unit usaha di kabupaten OKU tercatat ada sebanyak 460 unit, kemudian meningkat pada tahun 2008 hingga mencapai 484 unit.

Kemajuan yang lumayan pesat ya teman-teman ^_^,  selanjutnya perkembangan perusahaan di kabupaten OKU juga terjadi peningkatan yaitu sebanyak 2.437 perusahaan pada tahun 2007 menjadi 2.693 pada tahun 2008. Demikian juga hal juga untuk koperasi (KUD) terjadi peningkatan sebesar 10,7% dengan jumlah anggota koperasi naik sebesar 9,5% dan total volume usaha koperasi naik sebesar 73,6%.  Wah kalau begini banyak peluang kerja ya di OKU hehe ^_^, kira-kira berapa banyak ya tenaga kerjanya ?

Tenaga kerja di sumsel kurang lebih ada sekitar 2.148 orang. Selain itu juga OKU merupakan salah satu produksi batu bata terbanyak dimana mampu memproduksi sekitar 10.356.000 buah/tahunnya. Wah banyak sekali ya hehe ^_^, ups aku hampir lupa di OKU ada 3 pasar besar yang merupakan pusat perbelanjaan tepatnya berada di pusat kota yaitu Kota Baturaja, ketiga pasar tersebut diberinama pasar pucuk, pasar baru, dan pasar tempel hehe namanya unik ya ^_^.

Selain ada 3 pasar besar di OKU juga terdapat 3 industri besar yaitu PT. SEMEN BATURAJA, PT. MITRA OGAN, dan PT. MINANGA OGAN. PT. SEMEN BATURAJA ini mampu mencapai produksi hingga 897.068 ton pertahun nya, sedangkan untuk PT.MITRA OGAN dan PT.MINANGAN OGAN adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolaan industry kelapa sawit dimana pemasarannya sudah mampu menjangkau pasar nasional bahkan internasional. Wah ternyata OKU itu hebat ya hehe ^_^  oh ya teman-teman cukup sampai disini dulu ya cerita nya tentang industry dan perdagangan di OKU, lain waktu
kita sambung lagi dengan tema yang baru . . . . .^_^ Good Bye


Sumber: http://www.okukab.go.id/industri&dagang.html   

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar